Human Resource Management
Human Resource Management (HRM) salah satu tugas dalam organisasi untuk mencapai tujuan oerganisasi atau individu tersebut. Menurut Garry Desseler adalah kebijakan dan praktek yang menentukan aspek manusia atau sumber daya manusia dalam posisi manajemen dalam proses memperoleh, melatih, menilai dan memberikan kempensasi kepada karyawan. Sementara menurut John M. Ivancevich HRM secara khusus diisi dengan program yang bersangkutan dengan orang-orang dalm fungsi organisasi. Human Resource Management mempunyai 6 buah aktivitas utama, yaitu :
1. Employment Management
Suatu proses seleksi calom karyawan untuk mengisi kekosongan pada struktur organisasi dan rencana perekrutan pada awal tahun.
2. Performance Management
Suatu evaluasi yang bersifat saling menguntungkan antara perusahaan dan karyawan.
3. Career Development Management
Proses yang dilakukan oleh organisasi untuk memilih, menilai dan mengembangkan para karyawan untuk menyediakan orang-orang yang berkompeten.
4. Reward Management
Meliputi imbalan finansial dan jasa serta tunjangan yang diterima oleh para karyawan sebagai ganti kontribusi mereka kepada organisasi. Salah satu tujuannya untuk memotivasi karyawan untuk lebih berprestasi.
5. Employee Relations Management
Aktivitas manajement sumber daya manusia yang berhubungan dengan perpindahan para karyawan didalam organisasi.
6. Termination System
Prosedur yang mengoreksi atau menghukum bawahan karena melanggar peraturan prosedur.
Knowledge Of Human Resource Management :
a. Human Resource Planning : untuk memastikan bahwa organisasi memiliki orang-orang yang berada pada waktu yang tepat dan tempat yang tepat.
b. Design of Organization and Job : tugas untuk meletakkan struktur organisasi, wewenang, dan tanggung jawab.
c. Selection and Staffing : Proses rekrutmen dan seleksi. Melibatkan pencocokan orang dan harapan dengan spesifikasi pekerjaan dan karir yang tersedia dalam organisasi.
d. Training and Development : Berupaya untuk mengetahui kebutuhan pelatihan individu ntuk memenuhi pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan, tidak hanya untuk saat ini tetapi memenuhi kebutuhan untuk masa depan organisasi.
e. Organizational Development : aspek penting yang dihasilaj dalam sebuah organisasi yaitu interpersonal dan antar kelompok dalam organisasi.
f. Compensation and Benefit : area upah dan gaji administrasi dimana upah dan kompensasi tetap ilmiah untuk memenuhi kriteria keadilan dan kesetaraan.
g. Employee Asistence : Unik dalam karakter, kepribadian, harapan dan temperamen.
h. Union-Labour Relations : Hubungan yang baik dalam industri dan hubungan buruh sangat penting untuk meningkatkan perdamaian dan produktivitas dalam suatu organisasi.
i. Personel Research and Information System : Pengetahuan tentang ilmu perilaku dan psikologi industri melempar wawasan yang lebih baik. Globalisasi ekonomi telah meningkatkan persaingan. Ilmu ekonomi memberikan ide yang lebih baik untuk melakukan pekerjaan yang lebih nyaman.
Kemampuan HRM :
1. Program Pengembangan
2. Penjualan untuk HR
3. Pemasaran
4. Pasokan
5. Manufacturing untuk SDM
6. IT accumen for HR
Beberapa mitos dan akta tentang HRM
1. Mitos :
- Orang-orang yang memilih menjadi HRM karena dia senang berinteraksi dengan orang lain.
- Seseorang bisa menjadi HR
- Fokusnya kepada biaya dan harus dikontrol
- HR is Job
Faktanya :
- bukan dirancang untuk meyedikan terapi di perusahaan atau sebagai sosial kesehatan.
- Seseorang yang menjadi HR harus profesional dan membuat karyawan menjadi lebih kompetetif bukan merasa nyaman.
- Suatu kegiatan berdasar teori dan penelitian.
- Penting untuk manager seperti keuangan, strategi dan domain bisnis lainnya.
HRM at work : Proses memperoleh, melatih, menilai, kompensasi, dan sebgai hubungan tenaga kerja, kesehatan dan keselatan serta keadilan bagi karyawan.
Organisasi adalah jika terjadi sesuatu interaksi antara orang yang satu dengan yang lainnya, mereka biasanya bekerja sama untuk mencapai tujuan organisasi.
Manager adalah seseorang yang bertanggung jawab kepada organisasinya untuk mencapai tujuan dari organisasi tersebut dan mengelola usaha dalam organisasi.
Management Process
Planning : sebuah proses pengembangan misi bisnis dan tujuan yang akan dicapai dan merumuskan tindakan untuk mencapainya.
Organizing : pembentukkan struktur organisasi, fokus kepada koordinasi dari divisi dan mengkontrol tugas.
Staffing : mengisi posisi dengan orang-orang yang berkualitas.
Leading : pemanfaatan secara maksimal dengan sumber daya manusia yang berkontibusi dengan melakukan hubungan yang baik dan koordinasi.
Controlling : mengkontrol standar kinerja mereka berdasrkan tujuan organisasi dan mengukur serta membandingkannya.
"seseorang yang terlihat bahagia akan menentukan hasil dari kinerja pekerjaan yang ia lakukan"
Sumber :
slideshare.net/wicaksana
layong.blog.binusian.org
deden08m.files.wordpress.com
Terimakasih dan maaf jika terjadi banyak kesalahan.
Komentar
Posting Komentar